Harga Paket Umroh



Harga Paket Umroh yang dibayarkan oleh calon jammah biasanya tergantung dari jenis paket yang diikuti, apakah promo, regaler ataukah plus. Namun sebagai informasi, harga tersebut meliputi biaya-biaya itu dipergunakan untuk membayar :



1. Maskapai Penerbangan
Komponen biaya yang terbesar dalam penentuan biaya umroh ada dalam kategori ini. Sekitar 60-70 persen komponen biaya yang dikeluarkan oleh  jamaah dipergunakan untuk membayar tiket pesawat.  

2. Hotel dan Akomodasi
Hotel, Penginapan, Apartemen, dan biaya akomodasi tentunya sangat berpengaruh terhadap  biaya umroh. Hotel yang banyak ditawarkan dalam paket umrah oleh travel umroh dan haji biasanya mulai dari Hotel Bintang 3, Bintang 4, dan Bintang 5.  Penentuan tingkat bintang sebuah hotel di kota Mekkah al Mukarramah  bukan ditentukan oleh faktor fasilitas semata (mewahnya kamar, fasilitas bar, pub, kolam renang, dan lain-lainnya) namun penentuan nya diidentikan dengan jarak dari Hotel ke Masjid. Semakin tinggi kategori bintang identik dengan jarak ke Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi yang semakin dekat.

Selain jarak, komponen harga hotel ditentukan juga oleh berapa jumlah jamaah dalam satu kamar, atau untuk mudahnya, harga perkamar dibagi oleh berapa jamaah di dalamnya. Jumlah jamaah dalam satu kamar (berdua/paket double, bertiga/triple atau berempat/quard) dalam satu kamar pun menentukan dalam biaya umrah yang akan dipilih oleh jamaah. Semakin banyak isi jamaah dalam satu kamar , maka akan semakin murah.

Akomodasi lain yang juga penting adalah layanan catering dan sewa bus atau van untuk ziarah maupun city tour seputar kota Jeddah, Mekkah dan Madinah. Layaknya di Indonesia, jumlah menu makanan yang disajikan dan jumlah jamaah dalam sebuah rombongan umroh pun akan mempengaruhi jumlah yang harus dibayarkan oleh pihak travel umroh.

Namun bagi seseorang yang melakukan umrah mandiri maupun umrah backpacker, banyak tersedia warung makan dengan menu masakan Indonesia maupun menu masakan timur tengah di sekitar Masjid dengan harga yang relatif sama.

3. Jumlah Hari
Harga Paket Umroh tentu saja dipengaruhi oleh berapa jumlah hari yang pakai untuk ibadah ini, mulai berangkat sampai pulang ke tanah air. Meski dengan fasilitas hotel dan akomodasi yang sama, namun semakin lama masa tinggalnya maka biaya umroh yang dikenankan pun akan bertambah mahal. Masing – masing travel umroh memiliki durasi atau masa tinggal sendiri – sendiri. Standard travel umroh  menetapkan paket umrah 9 hari. Namun ada pula travel yang memiliki paket 11, 12 hingga 14 hari.
Bulan yang dipilih pun menjadi salah satu penyebab ditetapkannya biaya umrah. Pada bulan awal musim Umrah dibuka, biasanya relatif lebih murah. Dan semakin mendekati ramadhan maka akan semakin mahal. Masa peak season untuk musim umroh adalah pada saat bulan Ramadhan.

4. Faktor Pendukung
Faktor pendukung penetapan biaya umroh diluar ibadah antara lain Airport tax, handling, penerbangan dari dan menuju ke Bandara Soekarno Hatta (bagi jamaah dari luar Jakarta), visa umrah, dan perlengkapan. Untuk airport tax dari bandara daerah sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000, sedangkan untuk Airport tax untuk penerbangan Internasional dikenakan Rp. 150.000,-/jamaah
Provider visa umrah biasa nya mengatur pula untuk chek in jamaah umroh, atau biasa disebut dengan Petugas Handling Bandara. Bertujuan untuk mengatur chek in bagasi rombongan dalam jumlah besar. Karena mekanisme chek in jamaah dan bagasi rombongan sedikit berbeda  dibandingkan dengan perorangan. 

Sementara itu visa umroh meskipun oleh Kedutaan Saudi diberikan secara cuma-cuma, namun karena biaya investasi dan maintenance yang tinggi, maka biasanya pihak travel agent mematok tarif antara USD 100 – USD 150 / jamaah. Dan sesuai ketentuan dari kementrian haji Saudi Arabia, visa umroh tidak dapat diurus sendiri oleh jamaah umroh. Dengan kata lain harus melalui agent travel pemegang lisensi.
Perlengkapan umroh yang mempengaruhi penetapan biaya umroh antara lain tas troley, tas kecil, mukena, bargo, ihram, buku do’a dan biaya manasik umrah. Perlengkapan umroh ini pun bergantung pada kualitas bahan baku dan kenyamanan.  Biasanya faktor ke 4 ini dirangkum oleh biro umroh sebagai “Airport tax and Handling” diluar biaya umroh yang telah ditetapkan.

Dari beberapa komponen tersebut, Travel umroh membuat paket umroh dengan mengkombinasikan keempat hal tersebut. Jadi sudah barang tentu akan melahirkan paket-paket umroh murah hingga yang paling mahal.

Ini semua kembali kepada jamaah, disesuaikan dengan keinginan jamaah sendiri. Namun yang perlu diingat adalah uang yang dikeluarkan untuk ke Tanah Suci itu adalah semata untuk Beribadah, bukan untuk sombong apalagi riya’ (pamer). Sebanyak apapun uang yang kita keluarkan di jalan Allah, yakinlah bahwa ALLAH akan menggantinya dengan yang lebih banyak dan tentunya berkah.